FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYUR BAYAM (AMARANTHUS SP.) DI PASAR SEGIRI KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24036/snagro.v2i1.9Keywords:
Keputusan pembelian, sayur, bayam, pasarAbstract
Bayam (Amaranthus sp.) adalah salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan. Tanaman bayam sebagai sayuran berdaun mempunyai rasa yang enak, ringan, cara mengolah yang tergolong mudah dan melancarkan proses pencernaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteriskit konsumen sayur bayam, mengetahui faktor-faktor dalam pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian sayur bayam yang terdiri dari harga, motivasi dan kemudahan mendapatkan sayuran. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara accidental sampling yaitu konsumen yang datang di tempat saat penelitian berlangsung serta bersedian diwawandarai dan mengisi kuisioner. Jumlah responden sebanyak 30 orang. Data dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian sayur bayam di analisis dengan menggunakan metode pengukuran Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik konsumen sayur bayam di Pasar Segiri didominasi jenis kelamin perempuan 96,67%, rentan usia 20-45 tahun 83,33%, dengan tingkat pendidikan S1 33,33%, jenis pekerjaan adalah ibu rumah tangga 53,33%, dengan jumlah pendapatan <Rp2.000.000 66,67% sedangkan faktor dalam pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian sayur bayam yang seluruhnya berada pada kategori sedang untuk setiap faktor diantaranya yaitu harga dengan skor rata-rata 10,3, motivasi dengan skor rata-rata 10,9, dan kemudahan mendapatkan sayuran dengan skor rata-rata 8,3.